Jumat, 12 Oktober 2012

halaman satu

Ada hal yang perlu kusampaikan sebelum membaca tulisanku ini: Aku nggak menggunakan EYD...atau Ejaan Yang Dipake guru bahasa Indonesia,atau Ejaan Yang Dipake pidato,atau Ejaan Yang Dipake Penyiar Siaran Berita Radio Republik Indoneia,karena kalimat kalimat yang kutulis dalam tulisan ini mungkin gak enak buat dilagukan,atau dilafalkan,atau dibaca dengan teknik pembacaan yang standart.... Atau dengan kata lain,kalau seandainya apa yang kutulis ini adalah ujian sekolah yang dinilai benar salahnya,atau baik buruknya oleh guru bahasa Indonesia ,aku yakin dan tidak akan kaget kalau mendapat nilai F- Tapi kalo kamu berharap tulisanku ini tulisan dengan bahasa gaul anak sekarang,kamu juga akan kecewa,karena aku nggak menguasai bahasa anak muda sekarang.Misal istilah:CULUN,UNYU,dsb...gak bakal ditemui..(aku nulis “dsb...”tadi sebetulnya karena Cuma ada 2 kata yang aku ngerti soal bahasa gaul),dan jangan ditanya kenapa aku nggak ngerti bahasa anak gaul sekarang.Karena pertanyaan itu sangat tidak etis. Karena pasti akan bicara masalah usia.. dan aku nggak nyaman bicara usia. Bukan masalah apa apa,tapi karena untuk seusiaku harusnya udah bikin tulisan yang berbobot,yang ilmiah,yang sistimatis,yang kelihatan kalau itu tulisan beneran.Sedang tulisan yang aku bikin ini nggak jelas orientasinya.... Tapi kalo kamu bisa ngelewai satu halaman dari tulisan ini,dan kamu bisa tahan membacanya itu suatu hal yang hebat buatku... Karna aku sendiri mau baca berulang ulang buat ngoreksi juga males....hehehehe... Tapi trus ngapain nulis tulisan kalo nggak jelas orientasinya? Lho,aku kan Cuma njalanin nasihat para penulis tulisan,tentang cara menulis tulisan.Beliau katakan,kalo ingin jadi penulis Cuma satu yang harus dikerjakan:YAITU MENULIS... Trus gunanya apa buat pembaca mbaca tulisan ini? Gunanya pasti ada.... dan yang pasti:pembaca akan merasa lebih pinter dari penulis Lho kok bisaa? karena nggak ada bobot yang ditakuti,dan membuat terkagum kagum pembaca.. atau malahan kamu setelah membaca tulisan ini satu halaman saja udah kudu mbanting tulisan ini sambil teriak:TULISAN MACAM APA INI?kayak gini kok dijial?kok ya ada penerbit yang mau nerbitin?!!!..UDAH AKU MAU BIKIN SENDIRI TULISAN YANG JAUH LEBIH KEREN DARI TULISAN INI!!!... Bener khan?ada gunanya kan?tulisan ini meningkatkan rasa percaya dirimu... (bersambung....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar